• Jelajahi

    Copyright © Ainews.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Recent Posts

    Iklan

    Perang Ukraina,Konferensi di Swiss Hasilkan Deklarasi Penting, Akankah Membawa Perdamaian?

    Senin, 17 Juni 2024, Juni 17, 2024 WIB Last Updated 2024-06-17T13:45:24Z
    JAKARTA (ainews.co.id)-Hampir 80 negara pada hari Minggu (16 Juli 2024) menyerukan agar "integritas teritorial" Ukraina menjadi dasar perjanjian damai apa pun untuk mengakhiri perang dua tahun di Ukraina. Namun, beberapa negara berkembang utama yang hadir dalam konferensi di Swiss tidak ikut menandatangani komunike bersama. Jalan ke depan untuk diplomasi masih belum jelas.


    Komunike ini menandai akhir dari konferensi dua hari yang dihadiri oleh banyak negara, namun tidak dihadiri oleh Rusia yang tidak diundang.


    Banyak peserta menyatakan harapan bahwa Rusia dapat dilibatkan dalam peta jalan menuju perdamaian di masa depan.


    Perang yang brutal sejak invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina pada Februari 2022 telah menewaskan atau melukai ratusan ribu orang, mengganggu pasar komoditas penting seperti gandum dan pupuk, menyebabkan jutaan orang mengungsi dari rumah mereka, dan memperparah perpecahan antara negara-negara Barat - yang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia - dan Rusia, Tiongkok, dan beberapa negara lainnya.


    Sekitar 100 delegasi, sebagian besar dari negara-negara Barat, menghadiri konferensi yang digagas sebagai langkah awal menuju perdamaian.


    Mereka termasuk presiden dan perdana menteri dari Perancis, Jerman, Inggris, Jepang, Polandia, Argentina, Ekuador, Kenya, dan Somalia. Tahta Suci juga diwakili, dan Wakil Presiden AS Kamala Harris menyampaikan pidato melalui video.Swissinfo mengabarkan.


    India, Meksiko, Arab Saudi, Afrika Selatan, Thailand, dan Uni Emirat Arab - yang diwakili oleh menteri luar negeri atau utusan tingkat rendah - termasuk di antara negara-negara yang tidak menandatangani dokumen akhir, yang berfokus pada isu-isu keamanan nuklir, ketahanan pangan, dan pertukaran tahanan.

    Brasil hadir sebagai
    "pengamat" dan tidak menandatangani, sedangkan Turki menandatanganinya. Tiongkok tidak hadir dalam konferensi tersebut.

    Poin-poin penting dari komunike bersama:

    Penegasan kembali komitmen terhadap integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina.

    Seruan untuk gencatan senjata segera dan penyelesaian damai yang dinegosiasikan.

    Dukungan untuk akuntabilitas atas kejahatan perang yang dilakukan selama konflik.

    Bantuan untuk pemulihan dan rekonstruksi Ukraina.


    Analisis:

    Konferensi Lugano menghasilkan pernyataan penting yang menegaskan dukungan internasional untuk integritas wilayah Ukraina. Namun, ketidakhadiran beberapa negara berkembang utama dan kurangnya partisipasi Rusia menunjukkan bahwa jalan menuju perdamaian masih panjang dan penuh rintangan. Upaya diplomasi harus terus dilakukan untuk melibatkan semua pihak yang berkepentingan dan menemukan solusi yang adil dan langgeng untuk konflik ini.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    +