• Jelajahi

    Copyright © Ainews.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Recent Posts

    Iklan

    Perusahan Mobil Listrik EV China Aiways akan Marger dengan Hudson Acquisition SPAC.

    Kamis, 16 Mei 2024, Mei 16, 2024 WIB Last Updated 2024-05-16T08:49:58Z
    LONDON (ainews.co.id) - Produsen kendaraan listrik asal Tiongkok, Aiways, akan melakukan IPO melalui merger dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus AS, Hudson Acquistion Corp, dalam kesepakatan yang bernilai sekitar $400 juta bagi perusahaan tersebut, kata kedua perusahaan tersebut.

    Kesepakatan ini merupakan penyelamat bagi Aiways, yang menghentikan produksi di pabriknya di Shangrao musim panas lalu karena perang harga kendaraan listrik yang sengit di Tiongkok menekan margin produsen mobil. Perusahaan ini termasuk di antara sekelompok startup EV Tiongkok yang sedang berjuang, termasuk WM Motors dan Human Horizons, yang telah menghentikan operasinya di tengah lesunya penjualan.

    Penggabungan SPAC harus diselesaikan pada akhir tahun ini, kata perusahaan tersebut, di media, Reuters

    Sebelum kesulitan keuangan saat ini, Aiways telah menjual model listrik U5 dan U6 di 16 pasar Eropa, yang berarti Aiways sudah memiliki produk dan operasi yang siap digunakan, meskipun peningkatan produksi membutuhkan biaya yang mahal.

    Pabrik di Shangrao memiliki kapasitas untuk memproduksi 300.000 kendaraan listrik setiap tahunnya.

    Baca Juga : Ini Aturan Insentif Kendaraan Listrik yang akan di ubah pemerintah. 

    Aiways telah melakukan pembicaraan dengan investor selama berbulan-bulan mengenai memulai kembali produksi model yang ada dan mengembangkan mobil baru yang terjangkau sebagai merek khusus ekspor yang berfokus di Eropa dalam jangka pendek.

    “Entitas baru ini akan ditempatkan secara strategis untuk memanfaatkan visi dan sumber daya kami di pasar kendaraan listrik Eropa,” Alexander Klose, direktur pelaksana Aiways Europe mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Selasa malam.

    Aiways akan berkantor pusat di Eropa untuk menangani penjualan, pemasaran, keuangan, sementara manufaktur, pengadaan dan penelitian dan pengembangan sebagian besar akan ditangani di Tiongkok, menurut sumber yang mengetahui rencana pembuat mobil tersebut namun tidak diizinkan untuk mendiskusikannya secara publik.

    Pengumuman ini muncul hanya beberapa hari setelah pembuat kendaraan listrik Tiongkok Zeekr, salah satu unitnya, melihat sahamnya naik hampir 35% di atas harga penawaran umum perdana mereka dalam awal yang baik untuk debut pasar besar pertama di AS oleh perusahaan yang berbasis di Tiongkok sejak tahun 2021.

    Didirikan pada tahun 2017, investor Aiways termasuk raksasa teknologi Tencent, grup ride-hailing DiDi dan pembuat baterai CATL, yang akan tetap menjadi pemegang sahamnya, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    +